3 Langkah Mudah Merenungkan Firman Tuhan

  • Whatsapp
bible black and white book close up
Photo by Pixabay on <a href="https://www.pexels.com/photo/bible-black-and-white-book-close-up-267549/" rel="nofollow">Pexels.com</a>

ARTIKEL KRISTEN :

Firman Tuhan adalah seperti cermin. Kita menggunakan cermin untuk mengevaluasi diri kita sendiri. Kita melihat di cermin untuk menilai kerusakan diri malam sebelumnya. Kemudian kita melakukan sesuatu tentang hal itu. Apa gunanya cermin jika kita tidak melakukan apa-apa tentang apa yang kita lihat? Tuhan berkata cermin merefleksikan seperti apa kita di luar dan Firman Tuhan merefleksikan seperti apa diri kita di dalam. Yakobus memberi kita tiga cara praktis untuk merenungkan Firman Tuhan:

Read More

Pertama, MEMBACA.
“Dan orang yang menyelidiki dan memperhatikan baik-baik serta melakukan hukum-hukum itu, dan bukannya mendengar saja lalu melupakannya, orang itu akan diberkati Allah dalam setiap hal yang dilakukannya.” (Yakobus 1:25 BIS). Kata “menyelidiki” dalam bahasa Yunani berarti “membungkuk dan menatap dengan tajam”. Yakobus mengatakan untuk memfokuskan perhatian Anda pada Firman Tuhan.
Lihatlah sungguh-sungguh secara rinci. Berikut adalah sembilan hal untuk Anda selidiki:
1. Apakah ada Dosa yang harus diakui?
2. Apakah ada Janji untuk diklaim?
3. Apakah ada Sikap yang harus diubah?
4. Apakah ada Perintah untuk ditaati?
5. Apakah ada Contoh untuk diikuti?
6. Apakah ada Doa untuk didoakan?
7. Apakah ada Kesalahan untuk dihindari?
8. Apakah ada Kebenaran untuk dipercayai?
9. Apakah ada Sesuatu yang mana kita harus berterima kasih kepada Tuhan?

Kedua, MENINJAU KEMBALI.
“… sungguh-sungguh melakukannya…” (Yakobus 1:25) Itu berarti melakukannya secara berulang-ulang. Alkitab menyebut ini sebagai merenungkan. Baca dan tinjau terus-menerus. Tinggal di dalamnya dan jadilah setia kepada Alkitab.
Saya mengenal beberapa orang yang lebih setia pada Facebook atau situs olahraga daripada mereka setia dengan Firman Tuhan.

Ketiga, MENGINGATKAN.
“… bukannya mendengar saja lalu melupakannya..” (Yakobus 1:25 BIS). Tidak ada yang akan membawa dampak lebih banyak untuk kehidupan rohani Anda daripada mengembangkan kebiasaan untuk menghafal Firman Tuhan. “Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.” (Mazmur 119:11).

Merenungkan Firman Tuhan adalah membacanya dengan seksama, meninjau kembali dan mengingatnya, maka setiap Firman itu akan,berbuah dalam kehidupan kita. Amin. Doa saya menyertai

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *