Siapakah Barabas??

  • Whatsapp

Barabas (Barabbas atau Bar-Abbas, nama lengkapnya Yesus Barabas) adalah seorang pemberontak nasionalis (bdk. Markus pasal 15 ayat 7). Ia tertangkap dalam suatu pemberontakan. Barabas digambarkan oleh Alkitab sebagai seorang narapidana atau tahanan politis Romawi, yang memberontak dengan melakukan pembunuhan dan pencurian di zaman pemerintahan Pontius Pilatus. Dalam Injil Yohanes, Barabas disebut sebagai seorang penyamun dan perampok. Ia dibebaskan oleh Gubernur Pilatus atas kehendak orang banyak (massa Yahudi) yang lebih memilihnya dibanding Yesus, ketika Yesus diadili.

Barabas diyakini merupakan seorang yang berasal dari sayap radikal golongan Zelot yang tengah mengangkat senjata melawan pendudukan Romawi,  Ia menyamun sebagai salah satu taktik untuk melemahkan dan merusak perekonomian penguasa Romawi, khususnya kafilah-kafilah dagang yang merupakan mata rantai sistem perdagangan Romawi di Palestina. Ia adalah seorang pemimpin perjuangan pembebasan dari kekuasaan Romawi dengan cara-cara kekerasan.

Nama “Barabas” diturunkan dari kata Aram בר-אבא, Bar-abbâ, “putra dari bapa”. Sejumlah naskah kuno Matius pasal 27 ayat 16 sampai 17 mencatat nama lengkap Barabas sebagai “Yesus Barabas” dan ini kemungkinan adalah nama asli yang ditulis dalam teks. Abba telah ditemukan sebagai nama pribadi pada kuburan abad ke-1 Masehi di Giv’at ha-Mivtar, dan selain itu Abba juga sering muncul sebagai nama orang dalam bagian Gemara dari Talmud, yang bertarikh 200–400 Masehi. Dari sini muncul pendapat bahwa “Barabas” atau juga “Baraba” atau “Bar-abba” yang berarti ia adalah putra dari seorang yang bernama “Abba” atau “Abbas”. Nama Barabas menjadi terkenal di dalam peristiwa penjatuhan hukuman salib terhadap Yesus Kristus yang berujung pada pembebasan baginya.

Anda tahu siapa Barabas?? Ia adalah anda dan saya! Pribadi yang penuh dosa namun bebas karena Kristus!

Sumber : Wikipedia

__________________________________________________________________________________

Mari bergabung dalam Komunitas Kristen Oikumene, Komunitas ini gratis dan supaya kita dapat saling mengenal dan menguatkan tanpa memandang denominasi gereja. Gabung di : www.oikumene.id, Tuhan Yesus Memberkati.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 comments

  1. barabas ad saya, kita semuA,, syukuri karya keselamatan yg yesus kerjakan untuk kt smua.

  2. Tuhan Yesus Trimakasih buat Kasih-Mu,yg sungguh nyata yg rela mau menanggung segala dosa & pemberontakan kami. Kau lah segalanya bagi kami. …haleluyah

  3. Terima kasih Tuhan Yesus Kristus buat pengorbananMu di Kayu Salib, utk menyelamatkanku. HaleluYAH…

  4. kita harus selalu memuji memuliakan Tuhan YESUS KRISTUS Dia adalah juru selamat.