Persembahan Sebagai Bukti Cinta Tuhan

  • Whatsapp

Ayat Bacaan: Lukas pasal 21 ayat 1 sampai 4

21:1 Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan. 21:2 Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu. 21:3 Lalu Ia berkata: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu. 21:4 Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya. 

Kerangka Khotbah :

Persembahan yang kita beri sesungguhnya merupakan ungkapan kasih kita kepada Tuhan, ungkapan kedekatan kita dengan Tuhan dan rasa syukur kita kepadaNya. Maka dapat dikatakan seberapa besar persembahan yang kita berikan sebesar itu juga iman dan syukur kita kepadaNya.

Lihatlah seorang janda miskin justru memberi dari kekurangannya. Kebanyakan kita baru sebatas mampu memberi dari kelebihan kita. Itupun masih sebatas seadanya.  Pada hal sebenarnya Tuhan menuntut kita memberi yang terbaik dari bulan ke bulan dan dari tahun ke tahun. Harus ada peningkatan progresif. Perjanjian lama menuntut persembahan 10 % (Maleakhi pasal 3 ayat 10) tetapi sesungguhnya Perjanjian Baru lebih dari pada itu (100%) (Roma pasal 12 ayat 1).

  • Secara garis besar persembahan dapat dibedakan atas tiga bagian yaitu:
  • Persembaham jasmani yaitu kemampuan fisik/talenta yang kita miliki, kesehatan/ tenaga yang kita miliki (Roma pasal 12 ayat 1 ; 1 Korintus pasal 6 ayat 20)
  • Persembahan rohani yaitu sikap hidup/karakter baik, perkataan baik dan perbuatan baik, jadi berkat, garam dan terang(Filipi pasal 1 ayat 21 sampai 22 ; Matius pasal 5 ayat 13 sampai 16) dan Karunia Roh kudus untuk kemuliaan Tuhan
  • Persembahanmateri yaitu benda atau uang (ini gampang diukur) (Imamat pasal 2 ayat 1 : Yakobus pasal 1 ayat 27).  Contoh : seorang yang kaya (Markus pasal 10 ayat 21 sampai 23)

 

  • Mengapa persembahan merupakan bukti cinta kita kepada Tuhan
  • Pengakuan bahwa semuanya karena Tuhan (Roma pasal 11 ayat 36 ; Yakobus pasal 1 ayat 17; Amsal pasal 3 ayat 16 ;Yakobus pasal 4 ayat 13 sampai 16)
  • Wujud syukur atas pemeliharaan Tuhan (Amsal pasal 3 ayat 9 dan 10 ;pasal 10  ayat 22)
  • Wujud kasih kepada Tuhan (Matius pasal 22 ayat 37) (Yohanes pasal 21 ayat 15 sampai 17)
  • Wujud ketaatan kepada Tuhan dan FirmanNya (Maleakhi pasal 3 ayat 10 ;1 Korintus pasal 7 ayat 19)

Ingatlah dimana hartamu berada disitu juga hatimu berada  (Lukas pasal 12 ayat 34; Matius pasal 6 ayat 19 sampai 21 ). Hati seorang yang sudah lahir baru harus tetap melekat pada Tuhan bukan pada harta ( Mammon ) atau jabatan, seperti kata Rasul Paulus semua masa lalu kuanggap sampah dan rugi (Filipi pasal 3 ayat 7 dan 8).

JADI ISTILAH ORANG KRISTEN YANG MENGATAKAN, YANG PENTING TULUS ADALAH PEMBENARAN DIRI BUKAN TULUS YANG SESUNGGUHNYA. KARENA JIKA TULUS YANG SESUNGGUHNYA MAKA PASTI DIIKUTI DENGAN MEMBERI YANG TERBAIK KEPADA TUHAN. Seperti janda miskin (Lukas pasal 21 ayat 3 sampai 4 ; Imamat pasal 2 ayat 1; Seperti Habel  (Ibrani pasal 11 ayat 4). MARILAH KITA SEMUA MEMBERI YANG TERBAIK KEPADA TUHAN.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

24 comments

  1. persambahan merupakan ucapan kesyukuran atas berkat yg tuhan beri kepada kita.jd seharusnya kita memberi kembali tanda ucapan syukur..

  2. bagus

    karena penulisan ayatnya sperti itu, jadinya ribet.
    apa nggk lebih baik aja sperti ini.

    matius 12:12
    tanpa harus pakai kata pasal sama ayatnya.

    1. Shallom, penulisan ayat supaya juga memudahkan bagi para manula yang kesusahan membaca sehingga mereka bisa memakai mode dibacakan, nah apabila penulisannya memakai conton: matius 12:12 maka hanya akan dibaca matius dua belas banding dua belas dan itu agak rancu jadinya. Terima kasih,GBU.

  3. sungguh Tuhan Yesus mau qt memberikan yang benar2 tulus hati bukan hanya sekedar uang tapi juga tubuh dan jiwa qt. i love u jesus

  4. Amin
    Trimakasih utk pelajaran ini yg memberi motifasih utk diri sy dan menjadi pelajaran yg luar biasa utk sy dpt mengajar kpd anak2 dilks remaja dan juga dpt membagi dgn ibu2 dlm jemaat.
    Tuhan Yesus kiranya membrkati

  5. sungguh sangat memberkati. dan memberikan pandangan yg lebih baik. tentang arti persembahan. Tuhan.memberkati kita semua.amin😇

  6. Terima Kasih, Telah menginggatkan saya tentang Persembahan, semoga bermanfaat dlm pelayanan kedepan. Amin

  7. terimah kasih yang telah memberi pandangan tentang arti persembahan…semoga selalu di berkati amin