Tujuan Hidup

Ayat Bacaan: 2 Korintus pasal 4 ayat 1 sampai 15

Kerangka Khotbah:

Kita semua pasti pernah menyaksikan pertandingan sepak bola, dan pasti  juga sudah mempunyai pemain idola. Akan tetapi saudaraku, tidak semua orang dapat menjadi pemain sepak bola yang baik, sebab menjadi petarung sepak bola membutuhkan kekuatan fisik maupun kemampuan tehnik supaya dapat meraih kemenangan. Itu sebabnya sebuah klub sepak bola yang baik memiliki tenaga pelatih. Dari pelatih tersebut, para pemain menerima bimbingan tehnik untuk bermain sepak bola yang berprestasi. Begitu juga kita saudaraku dalam hal iman, orang-orang Kristen adalah petarung-petarung iman. Namun kita tidak perlu khawatir karena Allah yang adalah sumber kekuatan kita, memberikan kepada kita kekuatan yang melimpah-limpah.

            Allah selalu memberikan kekuatan yang melimpah-limpah kepada orang – orang percaya (Kristen)

Mengapa Allah selalu memberikan kekuatan yang melimpah-limpah kepada orang-orang percaya (Kristen)?. Allah selalu memberikan kekuatan yang melimpah-limpah kepada orang Kristen karena tujuan-tujuan yang tertulis dalam 2 Korintus pasal 4 ayat 1 sampai 15, yaitu

  1. Agar mampu hidup aktif untuk memberitakan Kristus (ayat 3 sampai 5)

            Orang-orang Kristen dipanggil untuk memberitakan Yesus Kristus. Oleh karena itu, setiap orang Kristen harus menyadari betul bahwa setelah ia ditebus ia harus memberitakan Yesus Kristus yang telah menebus dosa-dosanya supaya orang-orang lain percaya dan menerima tebusan serta hidup dalam kesucian di dalam Yesus Kristus, sehingga mereka tidak binasa dalam neraka. Untuk berhasil dalam memberitakan Yesus Kristus, kita sebagai orang-orang yang telah menerima penebusan itu memerlukan kekuatan dari Allah. Kekuatan dari Allah ibarat bahan bakar yang membuat hidup yang telah ditebus menjadi aktif dalam memberitakan Yesus Kristus, baik tentang kehidupan-Nya, kemenangan-Nya, dan juga pengalaman penderitaan-Nya hingga kematian-Nya di dunia ini.

  1. Agar mampu memahami penderitaan sebagai sesuatu yang berguna untuk menarik hidup kita kepada Tuhan (ayat 10)

            Menjalani hidup sebagai orang Kristen di dalam dunia ini tidak mudah. Terkadang kita mengalami kesukaran, aniaya, fitnahan, dan penderitaan dalam kehidupan ini. Akan tetapi kita tidak perlu kaget atau bahkan mengeluh, karena pengalaman tersebut telah dilalui oleh Kristus dalam masa kehidupan-Nya di dunia.  Sebaliknya, biarlah segala kesukaran, aniaya, fitnahan, dan penderitaan tersebut kita jalani saja untuk menjadi suatu pengalaman dalam perjalanan iman kita. Sebagai orang Kristen, kita pasti mampu untuk menjalani hal terburuk sekalipun dalam kehidupan kita, karena kekuatan yang Allah berikan kepada kita. Kekuatan dari Allah dapat merubah pemahaman orang Kristen tentang penderitaan. Oleh karena itu jangan pernah menyerah bahkan menghindar dari segala kesukaran  dan penderitaan yang terjadi dalam kehidupan kita.

            Akhirnya saudaraku, dengan kekuatan dari Allah maka kita pasti mampu menyatakan apa yang benar, hidup aktif untuk memberitakan Kristus, dan memahami penderitaan sebagai sesuatu yang berguna untuk menarik hidup kita kepada Tuhan.

Related posts