Tanda-Tanda Orang Hidup Baru Dalam Kristus

  • Whatsapp
Hidup Baru

Ayat Bacaan : Yohanes 15:1-8 dan Galatia 2:19-20

Kerangka Khotbah dan Renungan :

Read More

Saat kita melekat dalam Firman dan Firman tinggal didalam diri kita, maka perubahan hidup akan terjadi. Hidup yang lama sudah berlalu, dan yang baru sudah datang. Rasul Paulus menulis Firman Tuhan dalam suratnya kepada orang-orang Kudus atau orang-orang percaya di kota Korintus terkait dengan hidup baru, demikian : “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang”. Nah..itulah hidup baru! Hidup yang beberapa hal ini, yakni:

Pertama, TENANG Keyakinan yang kokoh kuat dalam kebenaran Firman akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih tenang dan dapat menguasai diri. Kita dimampukan oleh Roh Kudus untuk dapat mengendalikan amarah kerena ada kematangan dalam berpikir dan kejembaran hati untuk memberi maaf. Kita juga dimampukan untuk mengendalikan nafsu kedagingan kita dan berpikir untuk hal hal yang lebih utama. Pendek kata kita dilatih untuk right and wise respon dalam pimpinan Firman Tuhan.

Kedua, SUKACITA Ada sukacita yang meluap dari hati (yang dikerjakan oleh Roh Kudus), sehingga semua yang benar, mulia, yang disebut kebajikan dan patut dipuji menjadi bahasa (ekspresi) sehari hari. Hasilnya kita akan menjadi pribadi yang lebih sehat, positif, optimis, happy dan suka memuji Tuhan. Yup! Hidup jadi ringan dan menyenangkan. Pemazmur menyaksikan: “Mulutku penuh dengan puji-pujian kepada-Mu, dengan penghormatan kepada-Mu sepanjang hari” – Mazmur 71:8. 

Ketiga, PEDULI Kita menjadi pribadi yang peka dan punya hati yang peduli. Peduli pada kebutuhan dan keselamatan orang lain. Hidup baru membawa kita pada hati, pikiran, perkataan, tangan dan kaki seperti Yesus…yang mudah tergerak oleh belas kasihan. Bukan hanya dengan kata kata tetapi dengan tindakan konkret. Yang menarik adalah semuanya itu dikerjakan dengan hati dan mengalir secara natural. Tidak heran Tuhan Yesus memuji orang yang memperhatikan orang lain seperti memperhatikan diriNya : “Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku” – Matius 25:35-36. Mungkin kita akan bertanya: Tuhan, bilamanakah melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? Dan Raja itu akan menjawab mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.” (Matius 25:37-40 bandingkan juga dengan Yak 1:27)

Keempat, KUASA Hidup baru ditandai dengan kuasa menjadi anak anak Allah (Yoh 1:12) dan kuasa Firman untuk untuk: 1) mengusir setan, 2) menyembuhkan penyakit dan kelemahan, 3) memberitakan Kerajaan Allah. (Lukas 9:1-2). Pendek kata kuasa untuk mempraktekkan dan menghidupkan Firman. Ingat Firman itu bukan hukum dan norma tetapi KUASA. Yesss!! Itulah tanda tanda dan kuasa bagi orang orang yang hidup mengalami hidup baru; yang melekat dan merayakan Firman dalam hidupnya setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.