Rahasia Menghadapi Masalah

AYAT BACAAN : Mazmur 54 : 1-9

Kerangka Khotbah :

Setiap manusia di dunia ini, pasti di dalam hidupnya tidak akan pernah lepas dari masalah. Selama manusia hidup, masalah pasti akan tetap menghampiri, kecuali bila manusia itu sudah mati. Masalah yang terjadi amat beraneka ragam, seperti masalah pekerjaan, rumah tangga, pendidikan, teman hidup dan masih banyak lagi yang lainnya. Biasanya bila dalam hidup kita dilanda masalah, kita merasakan didalam diri kita ada tekanan-tekanan yang membuat kita panik, tidak tahu apa yang harus kita perbuat.

Saat masalah datang, biasanya ada dua pribadi yang datang, yaitu Tuhan dan setan. Bila Tuhan yang datang, Dia akan memberikan kekuatan supaya kita dapat menghadapi persoalan tersebut. Sedangkan setan sebaliknya, ia akan menyarankan kita untuk mengambil jalan pintas supaya masalah itu cepat selesai.

Rahasia Menghadapi Masalah :

Ada tiga rahasia, bagaimana kita dapat menghadapi masalah tersebut dan  keluar sebagai pemenang yaitu:

1. Kendalikan lidah atau perkataan ( Ayat 4)

    Dalam kepanikan yang diakibatkan masalah yang kita hadapi, kita kadang mengeluarkan perkataan-perkataan yang sia-sia. Jangan bicarakan masalah atau persoalan yang terjadi  hidup kita kepada orang lain, tetapi sampaikanlah masalah itu hanya kepada Tuhan. Sebab kita semua tidak luput dari kesalahan dan barang siapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang yang sempurna (Yakobus 3:2)

2. Belajar mengenali diri atau introspeksi (ayat 5).

    Bila masalah terjadi dalam hidup kita, jangan menganggap itu dari Tuhan, tetapi cobalah renungkan, mugkin itu terjadi karena ada kesalahan di dalam hidup kita. Masalah-masalah yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita itu sudah Tuhan rencanakan untuk mempersiapkan kita kepada tingkatan hidup yang lebih tinggi.

3. Jaga hati (ayat 8)

    Bersyukur, hanya itu yang dapat kita lakukan, karena Allah sudah berfirman, “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu, ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya (1 Korintus 10:13)

    Biarlah tiga langkah yang sudah kita pelajari tadi dapat menjadi pedoman bagi kita dalam menghadapi masalah. Sekarang tidak perlu lagi ada keraguan, tetapi hadapilah setiap masalah dengan hati dan pikiran yang positif, sehingga kita akan keluar sebagai pemenang. Percayalah Allah itu setia dan tidak akan membiarkan pencobaan yang terjadi melampaui kekuatan kita.

Related posts