Komitmen Dalam Kristen

  • Whatsapp

Ayat Bacaan : Yesaya 56:6-8

Kerangka Khotbah :

Komitmen adalah “suatu kesediaan untuk memberikan yang terbaik untuk sesuatu atau seseorang yang dipercaya, atau suatu janji atau suatu keputusan untuk melakukan sesuatu.”  Ada orang yang punya komitmen yang bersifat menghancurkan (destruktif) sebagaimana terjadi dalam bentuk teror di berbagai belahan dunia, yang rela menyerahkan nyawanya demi yang diyakininya. Sebagai orang percaya kita harus memiliki komitmen yang bersifat membangun (konstruktif). Dalam Yesaya 56:6-8 terdapat 5 (lima) hal penting yang di dalamnya kita harus memiliki komitmen.

  1. Komitmen untuk mengasihi Tuhan (ayat 6) – Kasih kepada Tuhan merupakan respons yang sepatutnya dimiliki oleh setiap orang percaya karena Ia telah lebih dulu mengasihi kita. Tuhan Yesus telah menyerahkan nyawa-Nya di kayu salib Golgota, guna menebuskan dosa kita. Orang yang mengasihi Tuhan tidak akan pernah undur dari pelayanan. Sebaliknya, ia akan selalu memberikan yang terbaik dari bagi Tuhan Yesus Kristus, Juruselamatnya.
  2. Komitmen untuk beribadah dan menaati firman Tuhan (ayat 6) – Dalam beribadah juga dibutuhkan adanya komitmen untuk tepat waktu, memuji dan menyembah Tuhan dengan sepenuh hati, mendengar dan menaati firman Tuhan, serta bertumbuh terus dalam ketaatan. Apa gunanya mengikuti ibadah tetapi tidak ada komitmen untuk taat kepada firman Tuhan?
  3. Komitmen untuk berdoa (ayat 7) – Doa adalah sarana di mana kita dapat memuji dan menyembah Tuhan serta berkomunikasi dengan Tuhan. Orang yang berkomitmen untuk bertekun dalam doa, akan memiliki pengendalian diri yang lebih baik, dan pelayanannya lebih berdampak.
  4. Komitmen untuk meninggalkan dosa-dosa (ayat 7) – Ada pelayanan kelepasan yang dilakukan oleh hamba-hamba Tuhan, namun jika orang yang bersangkutan enggan berkomitmen meninggalkan dosa-dosanya, ia akan tetap tidak bisa dilepaskan. Kita harus melihat dosa sebagai penghalang besar dalam hubungan kita dengan Tuhan, tidak memperkenan hati Tuhan. Karena Tuhan membenci dosa, kita pun harus membencinya.
  5. Komitmen untuk memenangkan jiwa (ayat 8) – Ayat ini berkata bahwa sudah ada jiwa-jiwa yang berhimpun di rumah Tuhan. Namun ada janji Tuhan bahwa Ia masih akan menambah jiwa-jiwa apabila kita mau berkomitmen memberitakan kasih Allah kepada mereka. Seseorang diselamatkan karena iman yang diperoleh dari mendengar firman Tuhan yang diberikan oleh orang-orang yang mau berkomitmen memberitakan Injil-Nya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment