Orang Kristen Harus Kuat

  • Whatsapp

Ayat Bacaan : Kejadian 39: 11-23

Hidup sebagai orang Kristen di zaman seperti sekarang ini yang kata orang zaman modern tidaklah cukup hanya sebatas menjadi seorang Kristen yang cinta Tuhan. Karena banyak sekali orang Kristen yang cinta Tuhan atau yang mengaku cinta Tuhan tapi kelakuannya tidak mencerminkan kalau dia itu cinta Tuhan. Ada banyak orang Kristen yang mengaku cinta Tuhan tapi menceraikan istri atau suaminya, ada banyak orang Kristen yang mengaku cinta Tuhan tapi berselingkuh, ada banyak orang Kristen yang mengaku cinta Tuhan tapi pembunuh, ada banyak orang Kristen mengaku cinta Tuhan tapi seorang penjudi, ada banyak orang Kristen yang mengaku cinta Tuhan tapi penipu, ada banyak orang Kristen yang mengaku cinta Tuhan tapi ketika mengalami permasalahan dalam hidup ia justru langsung mundur dan kendor bahkan samapi menjauh dari Tuhan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, selain cinta Tuhan, sebagai orang Kristen itu harus kuat. Yang menjadi pertanyaannya ialah Mengapa kita sebagai orang Kristen harus kuat? Kita sebagai orang kristen harus kuat oleh karena alasan-alasan seperti yang tertulis di dalam Kejadian 39: 11-23, yakni:

Read More

1.    Karena ada penggoda (ayat 12a) Salah satu fakta yang membuktikan bahwa setan itu ada ialah dengan masih banyak orang-orang yang percaya sama dukun-dukun dan santet-santetan. Setan dengan berbagai cara akan berusaha untuk menyeret dan menjauhkan kita dari Tuhan. Setan ingin kita kecewa terhadap gereja, setan ingin kita memiliki kepahitan dengan orang-orang di dalam gereja, setan ingin membuat kita kecewa tehadap suami, istri, anak-anak, dan keluarga kita. Seorang hamba Tuhan berkata “bahwa setan zaman sekarang ini  tidak lagi menakutkan atau menyeramkan tapi setan sekarang berbentuk wanita cantik, pria tampan, uang, kuasa. Karena itu, kita harus menjadi kuat. Kuat untuk menolak godaan setan dan kuat berdiri tegak di dalam Tuhan.  Kita pasti tahu tentang kisah Yusuf yang digoda oleh istri potifar (bahasa gaulnya tante girang). Yusuf tahu bahwa tidur dengan istri majikannya bukanlah hal yang benar untuk dilakukan dan dia tahu bahwa itu bukan dari Tuhan sehingga dia memilih untuk mengatakan “Tidak”. Yusuf punya pengendalian diri yang kuat. Walaupun akhirnya ia difitnah dan kemudian dipenjarakan. Akan tetapi Tuhan tidak berhenti sampai disitu menyertai Yusuf yang telah bertindak benar dihadapan-Nya. Justru saat dipenjaralah, Tuhan naikkan Yusuf hingga menjadi penguasa di Mesir. Jadi sudara, jadilah kuat. Percayalah kepada Tuhan. Tuhan selalu bisa pakai rencana-rencana jahat orang atau iblis untuk kebaikan kita dan untuk kemuliaan-Nya. Pekerjaan setan selalu ada hanya untuk sementara. Tapi pekerjaan Tuhan kekal untuk selamanya.

2.   Kita Harus kuat karena keadaan tidak selalu terjadi seperti yang kita harapkan (ayat 20) Ada begitu banyak orang yang sudah berdoa sampai jungkir balik, puasa, minta ini dan itu tapi toh tidak dikasih. Kemudian mulai bersungut-sungut dan timbul kepahitan kepada Tuhan. Rasul Paulus pernah meminta 3 kali kepada Tuhan untuk dijauhkan dari utusan iblis yang mencobai dia. Tapi apa kata Tuhan? Tuhan menjawab Paulus ‘cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, karena justru dalam kelemahanlah Kuasa-Ku menjadi sempurna’. Seharusnya kita bangga kalau kita boleh dipercayai Tuhan untuk mengalami suatu cobaan/tantangan hidup/pergumulan karena sesungguhnya Tuhan ingin melihat sampai mana sih kita kuat. Cobaan/tantangan/pergumulan hidup sesungguh-nya itu untuk memurnikan iman kita.

3.  mengapa kita harus kuat adalah karena hanya orang kuat yang bisa merebut mahkota kemenangan (ayat 21-22) Saat ini kita sedang berada dalam pertandingan iman. Pertandingan yang tidak kita lihat tapi sebenarnya terjadi dalam hidup kita, dan kita perangi setiap hari lewat doa. Dalam Timotius 2:1, Paulus berpesan kepada anak rohaninya untuk menjadi kuat. Paulus ingin agar mental Timotius anak rohaninya itu tidak mudah goncang. Gereja juga butuh orang-orang yang kuat, gereja juga butuh jemaat-jemaat yang tidak mudah goncang mental dan imannya, dan gereja butuh orang-orang yang tidak memusingkan diri dengan perkara-perkara pribadinya. Jadi, ingatlah bahwa kita ini sedang berlomba/bertanding. Pertandingan ini bukanlah hal gampang di tengah dunia yang makin rusak ini. kita punya visi, misi. Kita tidak sekedar lahir di dunia, hidup, besar, kerja kemudian mati. Tapi kita punya tujuan hidup untuk menjadi garam dan terang dunia. Kita harus kuat. Kuat agar kita tidak gampang terpengaruh dengan dunia yang makin rusak ini. kita harus kuat agar supaya ketika kita jatuh dalam dosa, kita bisa bangkit lagi dan fokus kepada Tuhan.

Jadilah orang-orang Kristen yang kuat oleh karena alasan-alasan seperti yang tertulis dalam Kejadian 39: 11-23, yakni karena setan itu ada, karena keadaan tidak selalu terjadi seperti yang kita harapkan, dan karena hanya orang kuat yang dapat menerima mahkota kemenangan. Amin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 comments

  1. Amein. sangat memberkati dan mengingatkan kami selalu biar menjadi anak Tuhan yg takut Tuhan dan melakukan kebenaran dlm kami. Amein🙏🏼👑

  2. Saya sangat terberkati dengan Firman Tuhan ini.Trima kasih Tuhan Yesus memberkati Hamba Tuhan yang sudah membagikan firmanNya