Lemah Lembut

Ayat Bacaan: Matius pasal 11 ayat 29

Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.

Kerangka Khotbah:

Selama Tuhan Yesus hidup dan melayani, Tuhan Yesus tidak pernah bertindak menurut kehendak diri-Nya sendiri, tetapi berbuat menurut kehendak Bapa.
Sebagai pengikut dan pelayan Kristus, Tuhan Yesus menghendaki kita berbuat, berkata-kata dan melayani sama seperti Tuhan Yesus. Hal ini bisa terjadi bila kita memiliki karakter Kristus. Salah satunya adalah lemah lembut.
Lemah lembut
Sifat Yesus yang saat ini kita pelajari adalah “lemah lembut”. Sifat lemah lembut harus mewarnai hidup dan pelayanan kita. Bukan sewaktu-waktu, tapi lemah lembut harus menjadi perhiasan atau aksesories yang menghiasi diri kita setiap saat.
Seimbang
1 Petrus pasal 3 ayat 3 dan 4, Rasul Paulus ingin agar istri berdandan dan mengenakan perhiasan secara seimbang, artinya..
  • Berdandan secara lahiriah ! ” Perhiasaanmu janganlah secara lahiriah”-bukan berarti, kita tidak perlu berdandan secara jasmani.
  • Tetapi dandanan lahiriah, harus kita sempurnakan dengan dandanan rohani. Malahan dandanan rohani yaitu roh lemah lembut, harus lebih nyata dari pada dandanan lahiriah.

Arti
Lemah lembut, Yunani, PRAUS ( PHRAOS)

  • Alkitab (NIV):”gentle”-baik;perasaan yang baik
  • Alkitab ( KJV):”meek”- lembut hati yang lemah lembut ( tidak ada kekerasan hati). Jadi lemah lembut adalah sifat atau sikap hati yang baik, yang terekspresi dalam perkataan, perbuatan dan sikap hati (perasaan) yang lemah lembut tanpa diwarnai unsur kekerasan hati, apalagi fisik.

Hati yang lemah lembut
Berkat-berkat yang akan diterima oleh orang memiliki hati yang lemah lembut:
1. Dilindungi pada hari kemurkaan, Zefanya pasal 2 ayat 3
” Rendah hati ” Inggris:”meek”( seek ye the Lord, all ye meek of the earth…)
* Yang lembut hati akan diluputkan Tuhan pada hari kemurkaan, Amsal pasal 16 ayat 19
2. Janji Tuhan kepada orang yang lembut hatinya
a. Mewarisi bumi 
Bumi akan sejahtera,bila semua orang lembut hatinya.
Mazmur pasal 37 ayat 11-King James Version: ” But the meek shall inherit the earth…”

 b. Berbahagia
Orang lembut hati, akan menikmati kebahagiaan, Matius pasal 5 ayat 5

 c. Memenangkan suami yang tidak taat
Istri yang berdandan dengan perhiasan yang lemah lembut, akan memenangkan suami yang tidak taat kepada firman Tuhan. 1 Petrus pasal 3 ayat 1

Related posts