Khawatir Membuat Cepat Tua

  • Whatsapp

Ayat Bacaan : Amsal 15:25

Kerangka Khotbah :

Kekuatiran tidak saja membungkukkan orang lalu cepat menjadi tua, melainkan kekuatiran dapat membunuh orang. DR. Alexix Caroll mengatakan begini: ” Bussinesmen who don,t know to fight worry die young”. Maksudnya: ” Para pengusaha yang tidak tahu mengalahkan kekuatiran, mati muda”. Sedangkan DR.Edward Podolsky dalam bukunya: :” Stop worring and Get Well“, mengatakan bahwa berbagai penyakit berikut ini disebabkan oleh kekuatiran. Penyakit jantung, darah tinggi, remuati, bisul, pilek, kelenjar gondok, radang sendi, sakit kepala berat (migran ), maag dan buta.

Menyadari bahwa kekuatiran bukan saja membuat kita cepat tua, tetapi dapat membunuh kita. Maka hal yang penting adalah menjaga hati dan pikiran kita karena disitulah bersumber segala sesuatu. ” Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang”. ( Amsal 17:22 )

Itu berarti apa yang ada dalam hati kita menentukan kesehatan kita dan hidup kita. Kita juga harus menjaga panca indra kita, karena merupakan jendela ke hati kita. Apa yang kita lihat menentukan apa yang ada di hati. ” Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu” ( Mat 6:22-23 ). Karena hati kita begitu menentukan, maka kita harus menjaganya dengan kewaspadaan yang tinggi. ” Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan ( Amsal 4:23).

” You are what you think”,  ” Apa yang Anda pikirkan, demikianlah Anda”, adalah ungkapan yang harus kita dalami secara mendalam. Mengapa? karena pikiran kita juga menentukan hidup kita. ” Sebab seperti orang yang membuat perhitungan dalam dirinya sendiri demikianlah ia, ” Silakan makan dan minum, ” katanya kepadamu, tetapi ia tidak tulus hati terhadapmu” ( Amsal 23:7 ).

Menurut Dr.  Frank Minirt dalam bukunya ” You Can “, mengatakan bahwa ada banyak penyakit di Amerika yang tidak lagi dapat diobati secara medis. Namun dapat diobati dengan sering tertawa, olahraga dan percaya kepada Tuhan. Itu berarti kembali kepada apa yang ada dalam hati dan pikiran kita. Jika hati dan pikiran  kita dipenuhi ketakutan dan kekuatiran, maka tubuh kita menderita. Sebaliknya jika hati dan pikiran  kita senang, maka kita akan sehat, awet muda dan berumur panjang

Kita tidak boleh membiarkan pikiran kita kosong,  karena dapat dipenuhi oleh segala hal yang jahat. Tetapi memenuhinya dengan firman Tuhan ( Mazmur 1:2 ) dan hati kita dipenuhi senantiasa oleh Roh Kudus ( Rm 5:5 ), maka kuatir tidak ada tempat dalam hidup kita. Kita harus sadar bahwa kuatir itu dosa, sama dengan mencuri, membuhuh dan dosa lainnya. Karena kuatir adalah sikap hati yang meragukan Allah dan kuasa-Nya. Kuatir itu dosa karena membunuh tubuh kita dengan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kekuatiran itu sendiri ( 1 Kor 6:19 ). Kita tidak boleh menggangkap kuatir itu hal biasa. Ia pembunuh. Hentikan langkahnya, sebelum ia menghentikan langkah kita. Usir dia dengan iman kepada kesanggupan Allah dan Firman yang memenuhi hati.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. Amin, ucapan syukur kepada Tuhan tlh mengiatkan pd sy tuk melepaskan kekhawatiran yang ada pd diri sy skrng.