Berjalan Dalam Kekudusan

Ayat Bacaan : 1 Petrus 1:15-16

Kerangka Khotbah :

Kuasa salib Kristus dalam hidup orang percaya: Penebusan ( Efesus 1:7-8, 1Petrus 1:17-18); Pembenaran (Roma 5:8-9); Pengudusan ( Ibrani 13:11-12); dan Pendamaian ( Roma 3:25).
Salah satu kuasa dari salib Kristus adalah menguduskan setiap orang yang percaya kepada pengorbanan Kristus di salib Golgota.

Pengertian kekudusan
Dalam bahasa Ibrani, kata “kudus” berasal dari kata “Kadosh” , artinya: terpisah, pemisahan atau dipisahkan dari yang lain.
Terpisah artinya:berpisah, meninggalkan, pergi ke arah yang berlawanan, tidak berhubungan lagi, berhenti berhubungan.
Kalau kita mau menjadi kudus, kita harus memutuskan hubungan dengan dunia dan cara-cara duniawi, dan sebagai gantinya berhubungan dengan Tuhan dan cara-cara-Nya.
Alkitab berkata ” Sebagaimana yang memanggilmu kudus, engkau sendiri juga harus kudus, dalam segala perilaku dan cara hidupmu ( 1 Petrus 1:15.The Amplified Bible)
“Kadosh” juga artinya, dikhususkan oleh Allah untuk tugas-tugas khusus.
Dalam Perjanjian baru, setidaknya ada 2 kata yang bisa diterjemahkan kekudusan. yaitu:kata ” “Hagios” dan ” Katharos”
Kata ” Hagios” artinya “kudus” namun kudus disini bicara sebagai anugerah Tuhan semata-mata, tapi Tuhan yang menyucikan, menguduskan kita yang percaya kepada-Nya. Ini mutlak karena anugerah dan belas kasihan Tuhan.
Kata ” Katharos” artinya, suci. murni, bersih, ” tapi ada peran kita manusia yang berusaha untuk melakukan perkara-perkara supaya kita menjadi suci, kudus, dan murni.

Mengapa kita harus berjalan dalam kekudusan?
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, mengapa kita harus berjalan dalam kekudusan.
Pertama : karena kekudusan adalah perhiasan.
1 Tawarikh 16:29
“Berilah kepada Tuhan kemuliaan nama_Nya. Bawalah persmbahan dan masuklah menghadap Dia ! Sujudlah menghadap Tuhan dengan berhiaskan kekudusan.”
Perhiasan utama kita, bukan sekedar perhiasan jasmani, tapi perhiasan rohani.

Kedua, karena kekudusan adalah senjata terbaik kita.
Kekudusan adalah senjata terbaik kita untuk dapat menang atas kuasa kegelapan (
Kekudusana adalah senjata untuk kita dapat memiliki masa depan yang penuh harapan (Amsal 24:20, Mazm 34:7)
Mazm 24:20
“Karena tidak ada masa depan bagi penjahat”
Mazm 34:7 -BIS
“Orang yang jahat tidak punya harapan dan tidak punya masa depan”.

Ketiga, kekudusan adalah ” tiket ” untuk dapat dipakai oleh Tuhan.
Ibrani 12:14 ” Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan, tidak seorangpun akan melihat Tuhan.”
Melihat Tuhan saja tidak bisa, kalau kita tidak mau hidup dalam kekudusan. Bagaimana mungkin Tuhan akan pakai kita, kalau kita masih tinggal dalam kecemaran dunia?

Penutup
Kekudusan bukanlah hal yang secara instant akan kita dapatkan. Hidup Kudus adalah suatu proses terus-menerus. Membutuhkan kuasa Roh Kudus yang akan memampukan kita berjalan dalam kekudusan. Biarkan firman Tuhan yang akan menguduskan kita ( Yoh 17:17)

Related posts