Dampak Hidup Tanpa Iman

  • Whatsapp

Ayat Bacaan: 1 Petrus pasal 1 ayat 3 sampai 12.

Kerangka Khotbah: Dalam 1 Petrus pasal 1 ayat 5, rasul Petrus dalam pimpinan Roh Kudus, menulis: “Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir”.
Membangun tempat wisata bermain untuk anak-anak adalah impian Jodi dan istrinya, Lina. Dari pertama membeli tanah sampai ke tahap pembangunan, Jodi selalu mengandalkan imannya kepada Tuhan. Berbeda dengan istrinya yang terkadang masih berpikir secara manusiawi.
Lina kerap mengkhawatirkan uang untuk pembangunannya dan apakah usahanya nanti akan mencukupi atau tidak. Perasaan-perasaan seperti itu terkadang muncul di dalam benak Lina. Sebagai suami, Jodi selalu mengingatkan Lina untuk tetap percaya Tuhan. Saat iman Lina goyah, Jodi kembali mengingatkan untuk terus memegang iman kepada Tuhan.

Read More

Meskipun ada orang yang mengatakan proyek yang Jodi kerjakan seperti proyek mati, tetapi Jodi tetap memperjuangkan imannya. Ia terus percaya Tuhan akan membantunya. Jodi percaya, Tuhan yang sudah membuka jalan di awal pembangunan, Dia juga yang akan menyelesaikannya.
Saat Jodi tidak bisa meminta bantuan siapa-siapa, Dia hanya berseru kepada Tuhan, dan dengan cara-Nya yang ajaib, Tuhan membukakan jalan untuk Jodi. Dengan iman, Jodi mengaktifkan dimensi rohnya dan menjadi makhluk yang supranatural. Singkat cerita, pembangunan pun akhirnya selesai. Iman Jodi yang kokoh membuat hal yang secara manusia mustahil menjadi mungkin dan nyata.

Ya, saat kita memiliki iman, kita akan merasakan bahwa kita memiliki kekuatan yang besar ketika menghadapi persoalan dan tantangan hidup. Kepercayaan kita yang kuat kepada Tuhan membuat kita mampu melewati masa-masa sulit dalam hidup kita. Baik di sekolah, rumah, ataupun lingkungan keluarga.

Oleh karena itu, jika kita ingin mengalami perkara-perkara luar biasa bersama Tuhan, janganlah hidup tanpa iman. Karena tanpa iman, kita hanya akan menjadi manusia biasa yang hidup dengan kemampuan yang sangat terbatas. Sebaliknya, hiduplah dengan iman. Dengan iman kita akan menjadi manusia supranatural dengan kemampuan yang tidak terbatas karena Tuhan ada bersama dengan kita.

APLIKASI

1. Bagaimana Anda menjalani hidup Anda saat ini? Dengan iman atau tanpa iman? Jelaskan!
2. Apakah yang menyebabkan Anda hidup tanpa iman?
3. Komitmen apa yang Anda akan lakukan untuk menghindari akibat hidup tanpa iman?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments