6 Cara Tuhan Membantu Anda Mengatasi Duka

  • Whatsapp

Ayat Bacaan: Mazmur pasal 34 ayat 18
” TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.”

Kerangka Khotbah:
Masing masing kita akan mengalami kehilangan dalam hidup ini, lalu bagaimana Allah menyembuhkan hati yang terluka? Saat ketika Anda susah untuk melupakannyam mengalahkan dan melawannya namun Anda harus menghadapinya. Dan jika Anda takut mengekspresikan perasaan Anda dan menolak untuk menghadapinya, disitulah Anda terjebak.

Tetapi bagaimana caranya melepaskan diri dari kedukaan? Dengan membiarkan Tuhan membantu Anda. Berikut 6 cara Tuhan mengobati hati yang hancur.

  1. Tuhan membuat Anda mendekat kepada-Nya. Ketika Anda berduka, Anda merasa seolah Tuhan berada sangat jauh dari Anda, namun kenyataannya sangat berbeda, Tuhan tidak pernah jauh malahan Ia senantiasa ada untuk kita.
  2. Tuhan berduka bersama Anda. Yesuspun berduka saat Ia dihina, diludahi dan penuh sengsara sehingga Ia tahu kepedihan Anda saat Anda datang kepadaNya.
  3. Tuhan memberi keluarga gereja untuk mendukung Anda. Gereja ada dalam kesatuan, kesatuan didalam satu tubuh Kristus (Roma pasal 12 ayat 5, 10, 15)
  4. Tuhan menggunakan kesedihan untuk membantu Anda bertumbuh. Banyak cara yang dilakukan Tuhan agar Anda bertumbuh salah satunya melalui duka yang Anda alami, namun dibalik itu semua Ia menyimpan rancangan-rancangan kebahagiaan bagi setiap mereka yang berserah kepadaNya.
  5. Tuhan memberikan pengharapan ditengah duka. Ketika berduka kita sering merasa hilang harapan dan hampa, tetapi Tuhan mau kita tidak boleh hilang pengharapan (1 Tesalonika pasal 4 ayat 13).
  6. Tuhan menggunakan rasa sakit Anda untuk membantu orang lain ( 2 Korintus pasal 1 ayat 4)

Renungan hal ini:

  • Mengapa menurut Anda Allah mengijinkan dukacita hadir dalam hidup kita?
  • Apa rasa sakit terdalam yang pernah Anda rasakan? Bagaimana menggunakan rasa sakit itu untuk membantu orang lain?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments