Yesus Datang Membawa Kelimpahan

  • Whatsapp

Ayat Bacaan: Yohanes pasal 10 ayat 10
“Pencuri datang, hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang supaya mereka mempunyai hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.”

Kerangka Kotbah:
Dalam  ayat Alkitab ini, kita mengetahui ada dua pribadi yang kedatangan mereka sangat bertolak belakang. Pribadi yang pertama disebut pencuri. Ini tidak lain berbicara tentang iblis. Mengapa dia disebut pencuri? karena memang kerjanya hanya mencuri, membunuh dan membinasakan. Iblis selalu berusaha mencuri, membunuh dan membinasakan sukacita kita. Iblis selalu berusaha mencuri, membunuh dan membinasakan fokus perhatian kita. Dan iblis juga senantiasa mencuri, membunuh dan membinasakan iman kita.
Pribadi yang kedua adalah; Yesus Kristus.Yesus datang memberi hidup, bahkan hidup yang berkelimpahan.

Pengertian hidup
Kata hidup dalam ayat ini menggunakan kata”Zoe”. Dalam bahasa Yunani ada dua kata yang bisa diterjemahkan hidup. Selain kata ” Zoe” ada juga kata ” Bios”. Kata bios adalah hidup yang dimiliki oleh semua makhluk hidup, baik manusia, hewan maupun tumbuhan. Dari kata inilah kemudian kita mengenal Ilmu Biologi. Ciri bios ini paling tidak dapat kita lihat bahwa tujuan makhluk hidup adalah makan, kenyang, berkembangbiak, begitu seterusnya sampai kemudian mati sebagai akhir segalanya. Apakah kehidupan kita hanya mau seperti itu?
Hidup yang Tuhan mau adalah”zoe’ seperti yang dipakai dalam kata ini.Berbeda dengan “bios”, kata” Zoe” artinya hidup dalam segala kekayaan dan kualitas sebagai manusia yang sesunggguhnya. Zoe adalah hidup yang membawa arti, bukan sekedar membawa arti untuk orang lain tapi arti untuk kekekalan. Singkatnya zoe adalah hidup seperti Tuhan Yesus. Zoe selalu berbicara tentang kehidupan dalam hubungannya dengan Tuhan yang dimanifestasikan dalam segala hal. Dengan kata lain zoe adalah kehidupan yang berfokuskan pada hal-hal yang rohani,dan tidak bersentuhan denga hal-hal yang bersifat fisik atau sementara. Zoe juga berbicara  bagaimana kita mengisi hari-hari hidup kita agar apapun yang kita lakukan memiliki nilai kekal. Zoe tidak berbicara tentang panjangnya hidup dengan  segala prestasi yang kita dapatkan, tetapi tentang dalamnya hidup, dan segala makna yang mampu kita berikan untuk orang lain dan kerajaan Allah. Kata zoe ini juga yang dipakai dalam Yohanes pasal 3 ayat 16.

Arti hidup yang berkelimpahan.
Hari-hari ini banyak pemberita firman baik melalui mimbar-mimbar gereja maupun sarana media, yang menggemakan bahwa kita orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, berhak menikmati janji Tuhan, termasuk janji untuk hidup dalam kelimpahan. Tentu kita setuju dan mengimani ayat ini. Namun kelimpahan yang seperti apa yang Tuhan inginkan?  Kita perlu memahami ayat ini dengan konteks yang tepat sehingga kita tidak salah memaknai ayat ini dan menjadikan Tuhan sebagai alat untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.
Kelimpahan yang Tuhan maksudkan bukanlah sekedar berbicara kelimpahan hal-hal materi. Tapi lebih dari itu, kelimpahan yang Tuhan maksudkan adalah:
a. Hidup yang dipelihara oleh Tuhan, sampai mengucap syukur kepada Tuhan. jadi hidup dalam kelimpahan tidak diukur dari jumlah (berapa juta, dan lain-lain), tapi bagaimana kita mengucap syukur berapapun yang Tuhan berikan kepada kita. Itulah kelimpahan yang dikehendaki Tuhan.
b. Hidup dalam kegerakan atau kebangunan rohani. Artinya selalu berkobar-kobar dalam kerohanian.
c. Hidup kekal di Sorga.
Kata kelimpahan dalam ayat ini dari kata “perisso” artinya kelimpahan sampai meluber, bisa dikatakan tidak terukur. Apa itu kekayaan yang tidak dapat diukur? jelas ini bukan keayaan jasmani yang sudah pasti ada ukurannya Tetapi kekayaan rohani yang memang tidak ada ukurannya.
Mengapa Yesus harus datang membawa kelimpahan?
a. Setan membuat kehidupan didunia ini seperti padang gurun, sehingga banyak orang kehilangan sukacita. Bahkan setan juga berusaha menawarkan kelimpahan-kelimpahan semu (Matius pasal 4 ayat 8 sampai 10).
b. Karena dunia dengan segala keinginannya akan lenyap ( 1 Yohanes pasal 2 ayat 17)

Bagaimana supaya kita dapat menikmati kelimpahan seperti yang Tuhan janjikan?
a. Merespon panggilan Tuhan. Datanglah kepada-Nya dan andalkan Tuhan senantiasa.
b. Bersabar dalam proses Tuhan( Markus pasal 8 ayat 22 sampai 26)

Markus pasal 8 ayat 22 sampai 26
Betsaida = rumah ikan ( berbicara tentang pantai).
Manusia yang buta dalam ayat ini adalah gambaran kehidupan banyak orang di dunia ini yang seringkali digelapkan oleh beratnya pergumulan hidup. Hal ini adalah juga gambaran tentang orang-orang yang buta rohani. Hidup dalam kegelapan dosa dan tidak bisa melihat Tuhan.

Apa yang dibutuhkan oleh orang yang buta?
Markus pasal 8 ayat 22 sampai 23 -Bukan kekayaan, tetapi jamahan tangan Tuhan. Orang buta ini mengalami dua jamahan Tuhan.
a. Jamahan firman penginjilan (Markus pasal 8 ayat 23 sampai 24).
b. Jamahan firman pengajaran ( Markus pasal 8 ayat 25). Firman pengajaran akan mendidik dan mendewasakan kerohania kita, sehingga mata rohani kita semakin terbuka.

Penutup
Percayalah bahwa Tuhan datang kepada kita untuk memberikan kehidupan yang berkelimpahan. Mari masuki tahun baru ini dengan hati dan iman yang baru. ( Yeremia pasal 4 ayat 3, Hosea pasal 10 ayat 12).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 comments

  1. Terima kasih.. Perkongsian yang bermenfaat utk membangun Iman. Tuhan Yesus memberkati kita 🙏 🙏