The Power Of Habit

  • Whatsapp

Ayat Bacaan : Lukas 4:14-30

Kerangka Khotbah :

Yesus adalah Pribadi yang meneladankan kepada kita kebiasaan-kebiasaan yang baik. Dia bukan hanya mengajar dengan teori-teori, tetapi juga dengan memberi contoh. Kehidupan yang baik berawal dari kebiasaan yang baik juga. Kebiasaan Yesus apakah yang bisa kita tiru?

1. KEBIASAAN BERIBADAH

Rumah ibadat adalah “tempat favorit” bagi Yesus untuk dikunjungi secara teratur. Ia datang setiap Sabat tiba untuk beribadah sebagaimana orang Yahudi yang lain melakukannya (4:16). Mereka membiasakannya sejak masih kecil, sehingga akhirnya menjadi sesuatu yang mendarah daging. Jika tidak melakukannya, maka ada sesuatu yang kurang. Apa yang Anda usahakan untuk membangun kebiasaan beribadah? Apa saja tantangan-nya?

2. KEBIASAAN MENGAJAR

Bukan hanya datang untuk beribadah, di rumah ibadat itu Yesus juga membiasakan diri untuk mengajar (4:15). Mengajar adalah kebiasaan yang memiliki dua dimensi: pertama, memperlengkapi diri dengan hal-hal yang akan diajarkan dan kedua, menjadi berdampak bagi orang-orang yang diajar-nya. Setiap pengajar haruslah seorang pembelajar yang baik terlebih dahulu. Bagaimana Anda mengembangkan kebiasaan mengajar dalam diri Anda? Siapakah orang-orang yang Anda ajar?

3. KEBIASAAN MEMBACA KITAB SUCI

Kebiasaan lain dalam nats tersebut (4:15) yang dilakukan Yesus adalah membaca Kitab Suci. Kebiasaan baik ini adalah usaha untuk memahami kehendak Allah yang dinyatakan secara tertulis melalui Alkitab. Ketika kita meneladani Yesus dengan secara teratur membiasakan diri membaca Alkitab, maka banyak hal-hal rohani juga yang akan terjadi dalam kehidupan kita. Berkat-berkat rohani apa saja yang Anda dapatkan ketika membaca dan mendalami Kitab Suci? Ceritakan!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments