Tanda Akhir Zaman Menurut Alkitab

  • Whatsapp
kiamat-akhir-zaman

Ayat Bacaan: Injil Matius pasal 24 ayat 4 sampai 14 dan ayat 42 sampai 44

Kerangka Khotbah:

Dalam Injil Matius pasal 24 ayat 4 sampai 14, ayat 42 sampai 44, ditegaskan bahwa Tuhan Yesus mengakhiri khotbah dan pengajaran-Nya dengan mengarahkan pendengar-Nya tentang “Akhir Zaman” dan tanda-tandanya, hal ini diungkapkan bukan untuk menakut-nakuti, tapi agar umat manusia khususnya orang percaya harus berjaga-jaga dan siap sedia pada segala waktu, sehingga bila hal itu terjadi kita didapati dalam keadaan yang siap.

Tanda-tanda akhir zaman menurut Alkitab

Alkitab menyajikan informasi yang sangat memadai, akurat dan tidak salah dalam menyampaikan pengajaran tentang tanda-tanda akhir zaman. Dikatakan demikian, karena yang mengajarkan hal itu bukan manusia biasa, tetapi Tuhan Yesus Kristus yang adalah Allah, dan juga para rasul yang dipenuhi, dipimpin dan dikuasai oleh Roh Kudus, mereka mengajarkan kebenaran yang Alkitabiah tentang akhir zaman.

Memang ada banyak pengajaran yang bersifat spekulasi yang disampaikan oleh tokoh-tokoh yang ajaran tidak sesuai dengan Alkitab. Mereka mengajarkan tentang akhir zaman menurut versi mereka sendiri, sehingga apa yang mereka katakana tidak terbukti kebenarannya. Bahkan ada yang membela diri bahwa ia salah menghitungnya.

Oleh karena itu, supaya kita tidak terjebak dan dihanyutkan oleh berbagai bentuk pengajaran tentang akhir zaman yang kebenarannya tidak dapat dipertanggung-jawabkan, sebaiknya kita kembali memperhatikan apa kata Alkitab tentang tanda-tanda akhir zaman karena Alkitab adalah firman Allah dan karenanya tidak mungkin salah. Berikut tanda-tanda akhir zaman menurut Alkitab, yaitu:

  1. Muncul mesias palsu

Penulis Injil Matius menulis tentang hal itu demikian: “Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang” – Matius pasal 24 ayat 5.

  1. Kabar-kabar tentang deru perang.

Penulis Injil Matius tentang hal itu menulis demikian: “Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan” – Matius 24 ayat 6 sampai 7 bagian a.

  1. Akan ada kelaparan (kesulitan ekonomi) dan gempa bumi di berbagai tempat.

Penulis Injil Matius tentang hal itu menulis demikian: “Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat” – Matius 24:7b.

  1. Penganiayaan orang Kristen

Penulis Injil Matius tentang hal itu menulis demikian: “Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku, dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci” – Matius pasal 24 ayat 9 sampai 10.

  1. Muncul nabi-nabi palsu.

Penulis Injil Matius tentang hal itu menulis demikian: “Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin” – Matius pasal 24 ayat 11.

  1. Kasih akan menjadi dingin.

 Penulis Injil Matius tentang hal itu menulis demikian: “Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan , maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin” – Matius pasal 24 ayat 12.

  1. Ada pengabaran Injil kerajaan secara besar-besaran.

Penulis Injil Matius tentang hal itu menulis demikian: “Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya” – Matius pasal 24 ayat 14.

Bagaimana dengan kesiapan kita?

  1. Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu.

Sebagai umat Tuhan yang percaya kepada Tuhan Yesus dan kebenaran firman-Nya, sikap yang tepat harus kita tumbuhkan, yaitu selalu waspada supaya kita tidak tersesat dan disesatkan. Penulis Injil Matius tentang hal itu menulis demikian: “Jawab Yesus  kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!” – Matius  pasal 24 ayat 4.

  1. Berawas-awaslah jangan kamu gelisah.

Selain sikap waspada, kita juga harus berjaga-jaga dan tidak usah cemas dan gelisah tentang hal itu karena memang harus terjadi demikian sebagai penggenapan dari janji Tuhan Yesus. Penulis Injil Matius tentang hal itu menulis demikian: “Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya” – Matius pasal 24 ayat 6.

  1. Berjaga-jaga seperti Nuh beserta keluarganya.

Penulis Injil Matius menulis demikian: “Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga” – Matius pasal 24 ayat 37 sampai 39, ayat 42 dan ayat  44.

Bahtera kita sudah siap di dalam Yesus Kristus, bawalah setiap orang untuk datang pada Kristus, karena zaman ini sama seperti zaman Nuh (peringatan: Matius pasal 24 ayat 38 sampai 39).

  1. Mempergunakan talenta untuk melayani Tuhan.

Penulis Injil Matius menulis demikian: “Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka. Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat. Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta. Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya” – Matius Pasal 25 ayat 14 sampai 18.

Demikianlah tanda-tanda akhir zaman menurut Alkitab. Karena itu perhatikanlah dengan sungguh-sungguh ajaran Alkitab tentang akhir zaman supaya jangan sampai kita tersesat dan terjerumus ke dalam pengajaran yang tidak benar atau tidak sesuai dengan firman Tuhan. Berdoa, membaca firman Tuhan, beribadah, melayani dan bersaksi tentang kebenaran Alkitab haruslah menjadi cara hidup kita dalam menantikan penggenapan janji Tuhan di akhir zaman ini. Mari kita lakukan sesuatu yang berkenan kepada Tuhan karena waktu kedatangan-Nya begitu tidak terduga sama seperti pencuri, Matius pasal 25 ayat 13.

Tuhan Yesus Memberkati.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 comments

    1. Shalom pak,
      Akhir2 ini memang sedang ada gangguan di server, banyak pengguna yang mengeluhkan, namun karena saya bekerja dan mengembangkan sendiri maka harus membagi waktu dengan pekerjaan, pelayanan dan keluarga. Untuk saat ini masalahnya sudah selesai dan aplikasi sudah berjalan normal. Terima kasih. Tuhan Yesus Memberkati.