Menang Atas Pencobaan

  • Whatsapp

Ayat Bacaan: Lukas 4:1-13

“Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.”  Lukas 4:1

Read More

Sebelum segala janji Allah tergenapi dalam diri Yesus, Roh Kudus membawa Yesus ke padang gurun selama 40 hari 40 malam untuk berdoa dan berpuasa.

     Di padang gurun inilah Yesus masuk dalam proses ujian.  Roh Kudus hendak membuktikan bahwa kedatangan Yesus adalah untuk menghancurkan pekerjaan Iblis dan meremukkan kepala ular  (baca  Kejadian 3:15). 

Maka datanglah Iblis mencobai Yesus dengan tiga perkara:  

1.  Yesus diminta mengubah batu menjadi roti.  “Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.”  (ayat 3).  

2.  Yesus diminta menyembah Iblis.  “…jikalau Engkau menyembah aku, seluruhnya itu akan menjadi milik-Mu.”  (ayat 7).  

3.  Yesus diperintahkan menjatuhkan diri dari atas bumbungan Bait Allah.  “Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diri-Mu dari sini ke bawah,”  (ayat 9).  Inilah ujian dan pencobaan hebat yang harus dihadapi Yesus, namun Ia tampil sebagai pemenang.  Kemenangan Yesus disebabkan karena Roh Kudus menguatkan Dia, sehingga setiap panah pencobaan yang diarahkan Iblis terhadapNya dapat ditangkis dengan firman.  Ia selalu berkata,  “Ada tertulis:…”

     Di tengah dunia yang jahat ini setiap orang percaya tanpa terkecuali diperhadapkan dengan banyak sekali ujian dan pencobaan,  “Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.”  (1 Yohanes 2:16).  Bila kita tidak melekat kepada Tuhan dan bersandar kepada Roh Kudus kita tidak akan mampu menahan gempuran Iblis. 

Hanya dengan pertolongan Roh Kudus kita dapat bertahan dan beroleh kekuatan untuk melawan.  Karena itu jangan lewati hari tanpa kita membaca dan merenungkan firman Tuhan, karena saat membaca dan merenungkan firman kita akan mempunyai pola pikir dan keinginan Tuhan.  Kita tidak lagi menjalani kehidupan ini dengan mengandalkan kekuatan sendiri, tetapi mengandalkan kekuatan dan tuntunan firman Tuhan sehingga iman kita akan semakin kuat dan Iblis pun tidak tahan menghadapi kita.

“Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.”  Mazmur 119:9

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments