Makna Kebangkitan Kristus

Ayat Bacaan: 1 Kor 15:20

Kerangka Khotbah:

Ayat bacaan kita menegaskan bahwa”yang benar ialah bahwa Kristus telah dibangkitkan …”. Mengapa rasul Paulus merasa perlu untuk menekankan kebenaran ini? Hal ini untuk menjawab berita-berita dari beberapa kelompok orang yang berusaha menghalang-halangi orang untuk percaya kepada Kristus. Mereka menyebarkan berita-berita yang tidak benar, bahwa Yesus tidak bangkit, tetapi mayatnya dicuri orang.
Dalam Matius 28:11-15, dicatat mengenai kebohongan yang dilakukan oleh mahkmah agama yaitu dengan memberikan sejumlah uang kepada penjaga-penjaga untuk menyebarkan berita-berita bahwa mayat Yesus dicuri oleh para murid. Ayat 15 mencatat mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang diperintahkan kepada mereka.
Kebangkitan Yesus adalah suatu kebenaran
Banyak orang berusaha memutar balikkan fakta tentang kebangkitan Yesus ini dengan menyebarkan berita-berita palsu. Selain yang sudah dibahas diatas, ada juga orang yang berusaha menyebarkan berita palsu bahwa ketika Yesus dikuburkan, sebetulnya belum benar-benar mati, hanya mati suri. Sehingga malam-malam Yesus bangun lalu melarikan diri.
Berita bohong yang lain adalah dengan menyebarkan fitnah bahwa sebenarnya memang Yesus tidak mati. Yang disalibkan adalah orang yang “diserupakan” dengan wajah Yesus. Jadi ketika sudah terdengar kabar bahwa Yesus sedang dikejar-kejar untuk ditangkap dan disalibkan, Yesus bertanya kepada para murid,”Adakah diantara kalian yang mau membantu saya dengan menukarkan wajah kalian dengan wajah saya?” Salah seorang murid Yesus yang bernama Yudas, menyatakan kesediaannya. Jadilah akhirnya, Yudas yang ditangkap dan disalibkan, sedangkan Yesus yang sudah berubah wajah,tidak ditangkap. Tentu Yesus kita bukan pribadi yang demikian. Dia adalah Allah yang bertanggung-jawab dan tidak akan mengorbankan orang lain hanya untuk kepentingan diri sendiri. Yesus adalah Allah yang setia membela kita, sekalipun salib Golgota adalah harga yang harus ia bayar.
Bukti-bukti kebangkitanYesus
Bagaimana bukti-bukti sejarah menguatkan fakta bahwa penyaliban dan kebangkitan Yesus adalah suatu fakta sejarah?
Pertama, Seorang sejarawan Yahudi yang bernama Yosephus menuliskan demikian,” Pada kira-kira waktu ini, hiduplah Yesus seorang yang bijaksana, jika memang seseorang seharusnya menyebut Dia seorang manusia, karena ia adalah seseorang yang mengadakan hal-hal yang mengejutkan dan Ia adalah seorang guru bagi orang-orang yang menerima kebenaran dengan senang hati. Ia memenangkan banyak orang Yahudi dan Yunani. Ia adalah Sang Kristus. ketika Pilatus, karena mendengar bahwa Ia akan dikenai tuduhan oleh orang-orang dengan jabatan tertinggi diantara kami, telah menjatuhkan hukuman salib kepada-Nya. Pada hari ketiga, Ia menampakkan diri kepada mereka dalam keadaan kembali hidup, karena nabi-nabi Tuhan telah menubuatkan hal-hal ini dan tak terhitung banyaknya hal-hal yang menakjubkan lainnya, mengenai Dia. Dan suku Kristen, demikian disebutkan menurut nama-Nya, sampai saat ini masih ada.”
Kedua, Kesaksian-kesaksian Alkitab sendiri menyebutkan adanya kebangkitan Yesus dan kematian jauh-jauh hari sebelum peristiwa itu terjadi.
Ayub 19:25 menulis,“Tetapi aku tahu, penebusku hidup, dan akhirnya Ia akan bangkit diatas debu”. Tuhan Yesus sendiri sudah menubuatkan peristiwa yang akan dialami-Nya.
Mat 17:22-23:”Pada waktu Yesus dan murid-murid-Nya bersama-sama di Galilea, Ia berkata kepada mereka:”Anak Manusia akan diserahkan kedalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia. Dan pada hari ketiga, Ia akan dibangkitkan.”. Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali.
Ketigadalam kitab suci agama lain pun disebutkan tentang kematian dan kebangkitan Isa Almasih.
Dari bukti-bukti diatas jelaslah bahwa kematian dan kebangkitan Yesus adalah suatu fakta kebenaran.
Makna Kebangkitan Kristus
Bagaimana makna kebangkitan Yesus? mengapa disebutkan kebangkitan yang membangkitkan? Apa saja yang dibangkitkan lewat kebangkitan Kristus?
a. Kebangkitan Kristus membangkitkan iman.
    Karena kematian Yesus, banyak murid-murid Yesus yang mulai goyah imannya. Mereka kemudian menyebar ke berbagai tempat. Beberapa diantaranya bahkan kembali ke tempat asal mereka. (Baca Lukas 24:13-35). Tetapi kebangkitan Yesus akhirnya memulihkan iman mereka. Yang tadinya iman mereka mulai goyah, kini bangkit kembali dan mereka dengan sukacita terus berkumpul dan memuliakan Tuhan. Mungkin ada diantara kita yang mulai kehilangan iman? Biarlah kebangkitan Tuhan ini akan membangkitkan iman percaya kita kepada-Nya.
b. Kebangkitan Yesus,membangkitkan kekuatan
    Petrus yang semula dikenal sebagai murid Kristus yang gagah berani, tapi ketika Yesus mati,ia menjadi penakut dan bahkan menyangkal Yesus sampai tiga kali. Tapi bersyukur karena kuasa kebangkitan Yesus, kekuatan dan keberaniannya kembali dipulihkan.
c. Kebangkitan Yesus membangkitkan masa depan orang yang percaya kepada-Nya
    Baca 1 Kor 13:12-13)

Related posts