Kristen Yang Dewasa

  • Whatsapp

Ayat Bacaan : Efesus 4:11-15
11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,
13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,
14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,
15 tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.


Kerangka Khotbah/ Renungan :
Ayat di atas jelas memberikan kepada kita suatu nasihat bahwa sudah menjadi tugas gembala, gereja, pengkhotbah untuk menjadikan jemaat Tuhan dewasa rohani. Kedewasaan adalah suatu target Kristus yang adalah Kepala Gereja agar orang2 kudusNya Tuhan menjadi serupa seperti Dia.
Bagaimana agar kita dapat menjadi orang Kristen yg dewasa rohani? Simpelnya, ada 5 B:

Read More

1. Yohanes 20:24-29 – Berjumpa secara pribadi
Perjumpaan dengan Tuhan merupakan titik awal menuju kedewasaan. Mungkin tidak semua orang mngalami perjumpaan langsung dgn Tuhan (seperti halnya pak Pariadji). Tetapi dengan adanya mujizat yang kita alami dalam hidup kita, dapat dijadikan jalan perjumpaan kita dengan Dia.
Sebab itu gereja harus mendemonstrasikan kuasa Allah sbg langkah awal orang mengalami perjumpaan dengan Tuhan melalui mujizat yang mereka alami.

2. Roma 12:2 – Berubah cara hidup
Dahulu mungkin kita masih hidup dalam gaya yang lama. Kita masih mengenakan manusia lama (Ef 4:24-27). Tetapi setelah mengalami perjumpaan dengan Tuhan, cara hidup kita harus berubah, tidak seperti orang dunia yang belum berjumpa dengan Yesus.

3. Kolose 2:7 – Berakar dalam Tuhan
Analogi sebuah akar digambarkan oleh Paulus untuk menghadapi angin2 pengajaran. Gereja tidak dapat menghentikan banyaknya pengajaran sesat yang berkembang karena memang pengajaran sesat akan terus berkembang dan semakin banyak menjelang akhir jaman. Tetapi gereja dapat memperlengkapi jemaat untuk berakar agar tidak mudah goyah oleh banyaknya pengajaran yang berkembang.

4. Efesus 4:13-15 – Bertumbuh ke arah Kristus
Gereja (dalam arti organisasi maupun organisme) yang sehat harus bertumbuh. Gembala, pengkhotbah, pengajar harus membawa jemaat kepada pertumbuhan iman ke arah Kristus.

5. Efesus 4:11-12 – Beri diri melayani
Gol akhir selama kita di dunia adalah melayani pekerjaan Tuhan. Pelayanan tidak hanya terbatas di gereja, tetapi bisa d rmah tangga, kampus, sekolah, tempat kerja, dll. Jadi pribadi yg dewasa adalah pribadi yang melayani.

Kedewasaan rohani ada didalam diri kita pribadi lepas pribadi dan bagaimana kita merespon setiap kehendak Allah yang Allah inginkan terjadi dalam hidup kita. Mari bertumbuh bersama-sama dalam Ia yang mengasihi kita dengan panjang sabar dan setia.

Related posts