Doa Membawa Kemenangan

  • Whatsapp
A silhouette of a young Christian woman is bowing her head in prayer, and desperation outside during sunset.

Ayat Bacaan: Daniel pasal 6 ayat 4 sampai 6 dan ayat 11 sampai 12

Ayat 4 sampai 6: “Kemudian para pejabat tinggi dan wakil raja itu mencari alasan dakwaan terhadap Daniel dalam hal pemerintahan, tetapi mereka tidak mendapat alasan apapun atau sesuatu kesalahan, sebab ia setia dan tidak ada didapati sesuatu kelalaian atau sesuatu kesalahan padanya. Maka berkatalah orang-orang itu: “Kita tidak akan mendapat suatu alasan dakwaan terhadap Daniel ini, kecuali dalam hal ibadahnya kepada Allahnya! “Kemudian bergegas-gegaslah para pejabat tinggi dan wakil raja itu menghadap raja serta berkata kepadanya: “Ya raja Darius, kekallah hidup tuanku!

Ayat 11 sampai 12: Lalu orang-orang itu bergegas-gegas masuk dan mendapati Daniel sedang berdoa dan bermohonkepada Allahnya. Kemudian mereka menghadap raja dan menanyakan kepadanya tentang larangan raja: “Bukankah tuanku mengeluarkan suatu larangan, supaya setiap orang yang dalam tiga puluh hari menyampaikan permohonan kepada salah satu dewa atau manusia kecuali kepada tuanku, ya raja, akan dilemparkan ke dalam gua singa?” Jawab raja: “Perkara ini telah pasti menurut undang-undang orang Media dan Persia, yang tidak dapat dicabut kembali.”

Kerangka Khotbah:

Daniel seorang tawanan tapi berprestasi. Dicari kesalahannya dalam bidang pekerjaan, atau pemerintahan tidak ditemukan, kemudian dicari alasan soal ibadahnya kepada Tuhan. Daniel menghadapinya dengan berdoa (ayat 11)
Ciri Doa yang membawa kemenangan:
1. Doa Dengan Tekun (ayat 11)
    – Jadikan doa sebagai kebiasaan dan kesukaan
    – Jadikan doa sebagai wujud komitmen atau kesetiaan
    – Berdoalah dengan sikap sujud, merendahkan diri dan memuji Dia
2. Doa dengan iman (Daniel pasal 6 ayat 23 sampai 24, Ibrani pasal 11 ayat 33)
   – Percaya bagi Tuhan tidak ada yang mustahil
3. Doa dalam kebenaran (Daniel pasal 6 ayat 23, Mazmur pasal 66 ayat 18)
  – Doa orang yang benar (Amsal pasal 15 ayat 29)
Hasil Dari Doa :
1. Pembalikan keadaan
    Daniel pasal 6 ayat 23, Ester pasal 7 ayat 9 sampai 10
    – Kejahatan ditelanjangi
    – Orang benar dibela Tuhan
    – Apa yang mustahil menjadi mungkin
2. Pertobatan Massal
    – Orang akan sujud menyembah Tuhan (Daniel pasal 6 ayat 26 sampai 28, Mazmur pasal 2 ayat 1 sampai 4)
Penutup
Tidak sedikit orang percaya yang mengganggap remeh kekuatan doa.Alkitab menyatakan,“Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. Elia adalah manusia biasa, sama seperti kita, dan ia telah sungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun enam bulan. Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan, dan bumipun mengeluarkan buahnya .” ( Yakobus pasal 5 ayat 16 sampai 17).
Supaya doa kita berkuasa dan mendatangkan kekuatan, maka kita harus berdoa dengan tekun, dengan iman dan dalam kebenaran.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 comments